21 April 2021

Mayoritas Kecelakaan Lalu Lintas Karena ‘Unsafe Act’

Sebagian besar kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh faktor manusia (unsafe act). Yaitu kurang menguasai kendaraan dan medan, kondisi kendaraan yang tidak laik akibat kurangnya perawatan, perilaku mengemudi tidak aman, dan sebagainya.
17 Maret 2021

Pembangunan LRT Jabodebek Berorientasi Keselamatan Penumpang*

LRT Jabodebek merupakan angkutan massal yang akan dioperasikan tanpa masinis (driverless) dengan sistem operasi kereta pada level tertinggi di Indonesia, GoA-3. Berorientasi keselamatan penumpang.
16 Maret 2021

SDM & Manajemen PO Pariwisata Harus Dibenahi

SDM dan Manajemen perusahaan otobus (PO) pariwisata perlu dibenahi agar kejadian kecelakaan lalu lintas fatal tidak terulang. Keselamatan adalah investasi yang semestinya jadi perhatian setiap pelaku bisnis angkutan pariwisata. Gencarnya promosi pengembangan pariwisata di Nusantara jangan sampai menjadikan angkutan pariwisata mengabaikan aspek keselamatan.
13 Maret 2021

DK3N: Kecelakaan Bus Maut Diduga Akibat Pengabaian K3

Kecelakaan bus maut di Sumedang yang menewaskan 27 pelajar, terjadi karena faktor perilaku tidak selamat (unsafe act) dan kondisi yang tidak aman (unsafe condition).
12 Maret 2021

Nasib Bus Keperintisan (yang) Masih Merintih

Selama ini, penyelenggaraan bus keperintisan identik dengan kondisi jalan yang rusak. Hendaknya, imajinasi ini harus dihilangkan. Pasalnya tidak akan banyak daerah yang ekonominya berkembang.
12 Maret 2021

Sistem Manajemen Keselamatan Angkutan Umum Tak Berjalan Efektif

Kecelakaan maut yang menimpa angkutan umum, utamanya bus wisata, terus terjadi. Sejauh mana efektivitas penerapan Permenhub (PM) No 85 tahun 2018 tentang Sistem Manajemen Keselamatan Perusahaan Angkutan Umum?
11 Maret 2021

Kecelakaan Bus Maut, 27 Meninggal 39 Selamat

Diduga rem blong, bus pariwisata yang tengah mengangkut rombongan peziarah asal Subang, Jawa Barat terjun ke dalam jurang sedalam 20 meter. Akibatnya, 27 penumpang meninggal dunia dan 39 lainnya selamat.
8 Februari 2021

Komitmen Menata Transportasi Humanis & Safety

Jakarta telah memberikan inspirasi bagi daerah untuk menata transportasi yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan. Terlepas dengan segala kekurangan, akan tetapi sudah jauh lebih baik ketimbang 15 tahun yang lalu.
24 November 2020

Taati Batas Kecepatan & Kampanye di Jalan Tol Berbasis Keselamatan

Setiap jalan memiliki batas kecepatan paling tinggi yang ditetapkan secara nasional. Batas kecepatan paling tinggi meliputi batas kecepatan jalan bebas hambatan, jalan antarkota, jalan pada kawasan perkotaan, dan jalan pada kawasan permukiman.