3 Mei 2021

Siapa Calon Tersangka Kebakaran Tangki Minyak Balongan?

Pihak kepolisian telah meningkatkan kasus kebakaran empat tangki minyak di Pertamina RU VI Balongan dari penyelidikan ke penyidikan. Polisi menemukan adanya unsur pidana; ada kesalahan dan kelalaian sehingga terjadi kebakaran disertai ledakan sesuai Pasal 188 KUHP.
15 April 2021

Kebakaran Tangki Balongan: Pertamina Dinilai Lalai!

Sebelum kebakaran terjadi, warga sudah mencium bau menyengat dari arah kilang dan melaporkannya. Tetapi laporan warga tak digubris Pertamina RU VI Balongan. Aksi warga bahkan dibubarkan.
12 April 2021

Kebakaran Tangki RU VI Balongan Masuk Tahap Penyelidikan

Bareskrim Polri sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) guna mengungkap kasus terbakarnya 4 tangki di PT Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan. Sejauh ini sudah 52 saksi diperiksa.
1 April 2021

Belajar dari Kebakaran Tangki Pertamina RU VI Balongan, Ini yang Harus Dilakukan!

Banyak instalasi yang hanya memperhitungkan adanya pompa pemadam kebakaran, namun tidak mempertimbangkan cadangan air. Bahkan tidak pernah memperhitungkan berapa panas yang timbul pada saat terjadi kebakaran. Air yang dibutuhkan rata–rata untuk tangki adalah 2,5 liter/dtk/m2.
31 Maret 2021

Investigator Api Jelaskan Terjadinya Kebakaran pada Tangki (BBM)

Terjadinya kebakaran dalam tangki dipicu oleh adanya uap bahan bakar yang timbul di dalam tangki. Makin sedikit bahan bakar cair dalam tangki maka makin besar ledakan yang terjadi.
31 Maret 2021

Benarkah Kebakaran Tangki Pertamina Balongan Akibat Petir? Ini Penjelasan Ahli Forensik Api

Dugaan petir sebagai penyebab kebakaran, sangat dimungkinkan dan sering terjadi. Penangkal petir/penyalur petir tidak serta-merta menghilangkan risiko akibat sambaran. Tetapi hanya menurunkan risiko.
4 November 2020

Penghargaan Keselamatan Migas 2020 Digelar Virtual

Penghargaan Keselamatan Migas diberikan sebagai apresiasi kepada BU/BUT yang memiliki prestasi dalam menjaga Keselamatan Migas, dengan kategori PATRA NIRBHAYA yaitu berprestasi tanpa kehilangan jam kerja sebagai akibat kecelakaan dalam periode waktu tertentu serta memenuhi kriteria lainnya yang telah ditetapkan oleh Tim Penilai.